Ephorus HKBP : Pertemuan Lintas Agama Efektif Hidupkan Kerukunan





Ephorus Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), Pdt Willem TP Simarmata MA bersama isteri Br Purba pakpak saat Ibadah Raya dan Pesta Pembangunan HKBP Syaloom Aur Duri Kota Jambi, Minggu (27/4/2014). (Foto: Warna/Rds)

(Warna/Jambi) - Pertemuan umat dan tokoh lintas agama yang dilaksanakan secara berkesinambungan di tingkat nasional dan daerah sangat efektif menghidupkan semangat kerukunan di tengah kemajemukan masyarakat Indonesia. Melalui pertemuan umat dan tokoh lintas agama tersebut, benih-benih konflik di tengah masyarakat akan lebih mudah dicegah. Kemudian pertemuan umat dan lintas agama tersebut juga akan mempermudah agama-agama di Indonesia untuk meningkatkan kerja sama di bidang pembinaan mental generasi muda, penanggulangan kemiskinan, pemberantasan berbagai penyakit sosial dan pelestarian lingkungan hidup.

Demikian dikatakan Ephorus (Pimpinan Tertinggi) Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), Pdt Willem TP Simarmata MA kepada SP di sela-sela Pesta Pembangunan HKBP Syaloom Aur Duri, Resort Kebun Kelapa Kota Jambi, Distrik XXV Provinsi Jambi di HKBP Syaloom Aur Duri, Minggu (27/4). 

Menurut Ephorus HKBP, besarnya peranan pertemuan umat dan tokoh lintas agama dalam pembangunan kerukunan umat beragama memotivasi HKBP terus berupaya memprakarsai pertemuan umat dan tokoh lintas agama. Salah satu di antaranya penyelenggaraan kemah pemuda kebangsaan yang diikuti sekitar 1.800 orang pemuda lintas agama di Bumi Perkemahan Cibubur, Jawa Barat baru-baru ini.

Kemah pemuda kebangsaan yang dihadiri Ephorus HKBP tersebut benar-benar mampu membangkitkan semangat kerukunan umat beragama karena turut dihadiri Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Nahdlatul Ulama (NU), KH Said Agil Siraj dan Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah. Kehadiran tokoh organisasi besar agama Islam pada kemah pemuda kebangsaan tersebut merupakan salah satu bentuk penghargaan terhadap kemajemukan masyarakat kita.  

“Jadi, pertemuan umat dan tokoh lintas agama sangat penting supaya penghargaan terhadap kemajemukan masyarakat kita di masa mendatang semakin baik. HKBP memiliki komitmen yang kuat untuk terus menghidupkan rasa saling menghargai di tengah kemajemukan masyarakat. Untuk itu HKBP terus berupaya memprakarsai pertemuan umat dan tokoh lintas agama, baik di tingkat pusat maupun daerah,”katanya.


Ephorus Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), Pdt Willem TP Simarmata MA bersama isteri Br Purba pakpak menari bersama jemaat Pesta Pembangunan HKBP Syaloom Aur Duri Kota Jambi, Minggu (27/4/2014). (Foto: Warna/Rds)


Terobosan di Daerah 

 Ephorus HKBP mengatakan, pihaknya juga kini melakukan upaya pertemuan umat dan tokoh lintas agama di Provinsi Jambi untuk meningkatkan kerukunan umat beragama di daerah tersebut. Selama kunjungannya ke Jambi lima hari, Kamis – Senin (24 – 28/4), Ephorus HKBP mengadakan pertemuan dengan tokoh masyarakat, tokoh agama dan unsur-unsur pimpinan daerah.

Ephorus HKBP beserta para pendeta HKBP se-Provinsi Jambi dan pimpinan HKBP se-Kota Jambi mengadakan pertemuan dengan Wali Kota Jambi, Sy Fasha, pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi dan Kota Jambi di rumah Wali Kota Jambi, Sabtu (26/4) malam. Sedangkan hari Senin (28/7) pagi, Ephorus HKBP akan mengadakan pertemuan dengan Gubernur Jambi, Hasan basri Agus.

Pada pertemuan tersebut, dengan Wali Kota Jambi, lanjut Ephorus HKBP, tercipta kesepahaman pemikiran bahwa kerukunan beragama dan pengargaan terhadap kemajemukan masyarakat di Jambi perlu ditingkatkan. Hal itu penting agar umat beragama di Jambi mampu bekerja sama membentengi generasi muda dari cengkeraman penyalahgunaan narkotika dan obat-obat berbahaya (narkoba) melalui pembinaan mental dan rohani.

“Saya sangat prihatin memperoleh informasi dari kalangan pejabat pada pertemuan tersebut bahwa bahaya narkoba sangat mengancam generasi muda di Jambi. Sedikitnya 20 kilogram narkoba jenis shabu-shabu beredar di Kota Jambi setiap hari. Kalau umat beragama, termasuk Gereja tidak bersikap proaktif menyikapi peredaran narkoba tersebut, niscaya jumlah generasi muda di Jambi yang terjerumus narkoba akan semakin banyak,”katanya.[141] (Sumber : Suara Pembaruan Online, Senin, 28 April 2014)

0 Response to "Ephorus HKBP : Pertemuan Lintas Agama Efektif Hidupkan Kerukunan "

Posting Komentar